Tuesday, December 21, 2010

Printer dan Klasifikasinya

Printer Berdasarkan Pengunaan

1. Digunakan untuk mencetak Dokumen
Jika kita lebih banyak mencetak dokumen dengan frekuensi yang cukup banyak kita lebih baik memilih printer yang mempunyai ketahan dan kecepatan cukup. Demikian juga apakah kita hanya mencetak dokumen hitam putih saja, atau berwarna. Untuk mencetak hitam putih dan frekuensinya cukup besar kita dapat memilih laser jet, kenapa ? Karena kwalitas hasil printer dengan lasejet lebih bagus dibanding dengan inkjet, dari segi harga lebih murah untuk pengantian tonernya, memang investasi awalnya mahal, tapi setelah berjalan lebih murah.

2. Digunakan untuk mencetak Foto
Untuk mencetak foto banyak digunakan printer jenis inkjet, karena pewarnaan untuk printer inkjet lebih variasi. Printer ini akan menghasilkan warna CMYK dengan kombinasi 16 juta warna. Semakin besar resolusi printer semakin bagus kwalitasnya, berbanding terbalik dengan kecepatan dan harga.

3. Digunakan untuk mencetak Kartu Plastik
Printer jenis ini memang dikhususkan untuk mencetak hanya pada media kartu plastik, conto misal ID card perusahaan, ATM dan sejenisnya. Printer ini harganya lebih mahal karena emang tehnologi yang digunakan berbeda. Jenis yang digunakan tinta Sublimation, dan sistem transfer. Sebagai gambaran aja untuk printer ini berharga diatas 20 juta, ini untuk yang paling murah dan yang bagus bisa mencapai 90 juta.

4. Digunakan untuk mencetak Baleho Outdour
Printer ini digunakan khusus untuk mencetak bahan yang lebar dan biasa menggunakan bahan vinil, atau seperti plastik. Sistem yang digunakan masih sama dengan printer inkjet, bedanya ini untuk media besar, dan jenis tintanya yang tahan terhadap sinar UV. Aplikasi yang banyak kita temui adalah media iklan produk-produk dijalan. Dulu masih menggunakan cat besi untuk mengambarnya, namun sekarang tinggal masukkan ke komputer, tinggal mau dicetak ukuran berapa. Pernah ada iklan salah satu produk yang besarnya hampir 10 meter, bisa dibayangkan berapa besar printernya.

5. Printer All In One
Disebut All In One karena ada tiga manfaat yang bisa kita dapatkan dari printer jenis ini. Pertama tentunya kita bisa cetak Dokumen.
Kedua kita bisa scan dokumen.
Ketiga kita bisa Copy dokumen.
Printer jenis ini mulai marak di produksi dan banyak digunakan untuk perkantoran, karena fungsinya yang ganda. Namun, kita harus berhati-hari sekali dalam menggunakan printer jenis ini, karena rentan sekali terhadap kerusakan, biasanya salah satu fungsi rusak fungsi yang lain tidak mau berjalan.
Printer Berdasarkan jenis Tintanya
1. Dot Matrix
Jenis printer ini menggunakan Ribbon, atau kain sebagai media transfer tinta ke kertas, ini merupakan sejarah dan nenek moyangnya sistem printer, tidak jauh berbeda dengan mesin ketik, namun lebih halus. Printer ini lebih handal, coba diliat printer dotmatix yang ada sampai sekarang diproduksi sejak kapan, karena sistem Head yang digunakan mekanik maka lebih tahan lama. Printer ini sangat berguna untuk mencetak nota yang banyak rangkapnya, biasa yang pakai NCR, fungsi ini yang tidak dapat digantikan jenis printer lainnya.

2. Inkjet
Inkjet adalah tehnologi printer yang berkembang pesat, karena sistem ini mampu menghasilkan kombinasi warna yang cukup banyak, hampir menyamai tampilan di monitor. Dulu saya pernah tahu ada printer ink jet dengan 3 jenis warna, kalau ndak salah pakai sistem RGB. Namun karena keberbatasan sekarang muncul CMYK, minimal ada 4 warna, tapi ada yang jenis pritner terbatu dengan 8 jenis tinta. Bayangkan kalau semua pakai tinta asli, ndak bisa buat cari makan, karena tinta original harganya selangit. Karena realistis saja sekarang yang mahal adalah tintanya (catrid) bukan printer. Hanya dengan 470 ribu aja kita dah dapat printer.

3. Laser Jet
Laser Jet, dari namanya sangat keren, namanya laser khan biasanya dipakai untuk tehnologi tinggi, buat motong besi tehnologi yang baru dipakai untuk operasi. Dalam printer laser Jet ini tehnologi yang digunakan hampir sama dengan tehnologi laser yaitu dengan penembakan pada media yang disebut Drum dengan ion tertentu, kemudian baru ditranfer ke dalam kertas setelah drum tadi dikenai toner, dengan muatan yang berbeda, mempunyai prinsip sama dengan mesin fotocopy. Yang perlu diperhatikan adalah konsumsi daya dari printer laser ini lebih besar dibandingkan jenis printer lainnya. Untuk masalah toner sekarang sudah banyak orang yang mampu untuk refill, dengan harga yang semakin murah, namun semuanya tergantung dari kwalitas yang ditawarkan. Kalau dulu setahu saya adalah HP pemain utama dari printer laser ini, tapi sekarang dah banyak.
Selain Hitam putih printer laser yang sekarang dah muncul laser Color, namun untuk mencetak foto hasilnya masih jauh lebih halus dari printer inkjet. Dan harganya yang masih relatif mahal, yang utama lagi kalau dulu untuk mempunyai printer color laser ini butuh ijin, karena takut digunakan untuk pemalsuan uang, namun sekarang dah bebas dimiliki.

4. Dye Sublimation
Dari namanya kita dapat tahu bahwa printer ini menggunakan sistem sublimation atau perubahan dari benda padat ke gas. Printer yang menggunakan tinta jenis ini adalah printer yang digunakan untuk mencetak pada bahan Plastik, yaitu printer kartu. Media tintanya diletakan dalam sebuah roll plastik yang disebut Ribbon, kalau yang berwana akan tersusun warna CMYK. Bentuk RIbbonnya akan tersusun berurutan dari warna Cyan,Magenta,Yellow,Black secara berurutan dan besarnya sama. Sistem cetak jenis printer ini adalah media akan berjalanberulang sebanyak 4 kali atau tegantung banyaknya warna yang akan dicetak. Untuk Jenis printer yang terbaru atau satu media yang menampung terlebih dahulu semua warna yang tercetak, baru nantinya hasilnya dipindahkan lagi ke media cetaknya, sistem ini disebut sebagai "High Definition Printing" dan sistem yang langsung ke media cetak disebut 'DIrect To Card"

Printer Berdasarkan Koneksinya

1. Parallel
Jenis koneksi ini termasuk koneksi printer yang lama, dengan menggunakan port Parallel DB25 pada komputer, namun dengan koneksi ini printer akan berjalan lebih cepat karena 8bit data ditransfer langsung.
2. USB
Jenis koneksi ini lebih populer karena kemudahan yang ditawarkan, dan banyak di support oleh komputer keluaran baru dan laptop, soal kecepatan tidak kalah dengan parallel.

3. Ethernet
Jenis koneksi ini banyak digunakan untuk printer yang dimanfaatkan untuk printer jaringan, karena printer ini biasanya langsung di masukkan dalam jaringan dan bisa dimanfaatkan oleh semua komputer yang tersambung dalam jaringan ini. Biasanya koneksi jenis ini opsional dalam sebuah printer, dan terutama ada pada printer dengan kemampuan cetak besar.
4. Wifi
Dengan semakin berkembangnya koneksi jaringan, banyak printer yang support untuk Wifi, karena kemudahan yang ditawarkan tanpa kabel yang ribet. dan ini juga dimanfaatkan untuk beberapa jenis PDA yang support Wifi untuk bisa cetak dokumen.
5. Bluetooth
sama dengan tehnologi Wifi, banyak dimanfaatkan oleh PDA.

6. PictBridge
Koneksi yang khusus digunakan dengan kamera digital, jadi para pengguna kamera digitak yang support PicBridge dapat langsung mencetak hasil foto dari kamera. Koneksi bisa menggunakan beberapa macem tergantung support dari kamera, namun kebanyakan masih menggunakan kabel USB. Sebenarnya Pictbridge ini bukan termasuk jenis koneksi, namun termasuk Protokol komunikasi.

0 comments:

Post a Comment