Monday, October 4, 2010

Mesin Teleportasi Sebagai Alat Transportasi

Transportasi merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia. Terlebih lagi di masa sekarang ini, manusia hampir selalu disibukkan dengan rutinitas yang membutuhkan mobilitas tinggi setiap harinya. Oleh karena itu, dibutuhkan alat transportasi dengan efisiensi waktu yang tinggi, sehingga waktu kita tak habis di jalan setiap harinya.

Teleportation secara mudahnya boleh dibayangkan sebagai permainan snuker. Dalam fiksyen, teleportation dianalogikan seperti sebiji bola yang berputar lenyap dari satu sudut meja dan muncul semula bola yang sama pada satu sudut yang lain. Sebaliknya dalam quantum teleportation, bola yang berputar tadi tetap pada tempatnya manakala sifat putaran itulah yang dipindahkan ke atas bola lain di atas meja.

Bayangkan jika ada cara untuk berangkat dari rumah ke supermarket tanpa harus menggunakan mobil, atau dari halaman belakang menuju Stasiun Ruang Angkasa Internasional tanpa harus menggunakan pesawat luar angkasa. Beberapa ilmuwan sekarang sedang meneliti metode perjalanan seperti itu, dengan menggabungkan sifat-sifat telekomunikasi dan transportasi untuk memperoleh sebuah sistem yang disebut teleportasi.

Kita sudah dikenalkan akan gagasan teleportasi dan teknologi futuristik lainnya dengan serial televisi Star Trek (1966-1969) berdasarkan cerita yang ditulis Gene Roddenberry. Pemirsa terpesona melihat Kapten Kirk, Spock, Dr. McCoy dan lainnya mendarat ke planet yang mereka temui ketika melakukan pengembaraan di alam semesta.

Teleportasi melibatkan dematerialisasi suatu objek pada suatu titik, dan mengirim detail konfigurasi atom objek tersebut secara tepat ke tempat lain, dan kemudian dikonstruksi kembali. Ini artinya bahwa waktu dan ruang bisa dihilangkan dari perjalanan—kita bisa berpindah ke lokasi lain secara langsung, tanpa melintasi jarak fisik.

Jika melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, sistem teleportasi barangkali masih sulit untuk diwujudkan. Namun, siapa yang tahu suatu saat nanti akan ada teknologi yang mendukung teleportasi untuk manusia? Dengan terwujudnya teknologi ini, tentunya kehidupan kita akan menjadi semakin mudah.

1 comments: